Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga Cukup Modal Kecil

Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga Cukup Modal Kecil
Peluang Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga Cukup Modal Kecil

Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Punyai anak kecil mungkin membuat Anda lebih repot. Dimulai dari mengurusi sang buah kesayangan, layani suami sampai membenahi rumah. Tetapi, aktivitas itu bukan bermakna Anda tidak dapat jalankan usaha di dalam rumah. Kenyataannya, ada beberapa usaha untuk ibu rumah tangga yang punyai anak kecil.

Bila digerakkan secara baik, usaha itu dapat menolong keuangan keluarga. Bahkan juga tidak tutup peluang jadi usaha besar dengan omset berlimpah setiap bulannya. Nach, bila Anda seorang ibu rumah tangga yang punyai anak kecil dan ingin menjalankan bisnis rumahan, berikut gagasan usaha yang dapat Anda coba.

1. Usaha Berjualan pulsa

Di jaman serba kekinian ini, sebagian besar orang perlu pulsa. Dimulai dari anak kecil sampai orang dewasa, semua mempunyai handphone. Karena itu, usaha berjualan pulsa, menjadi opsi usaha yang pas untuk ibu rumah tangga. Prospect yang akan datang terang janjikan dengan makin mengembangnya dunia digital.

Bila Anda ketarik dengan usaha ini, langkah awal ialah bertandang ke agen pulsa yang sediakan service deposit. Seterusnya Anda tinggal tentukan nilai jual untuk memutuskan besarnya keuntungan. Tidak perlu buka gerai atau counter pulsa, cukup tulis saja dalam suatu papan atau selembar kertas dengan huruf kapital: JUAL PULSA. Lantas lekatkan di muka rumah.

Langkah memasarkannya dapat melalui tetangga, rekan kerja, rekan sekolah atau siapa saja yang Anda kenali. Bila kebenaran posisi customer dan Anda jauh, customer dapat mentransfer beberapa uang dahulu sebesar nilai pulsa yang diminta ke rekening Anda. Lumayan gampang digerakkan, kan?

2. Usaha Berjualan Tanaman Hias

Apa Anda hoby bercocok tanam dan menjaga tanaman? Menjadikan hoby itu jadi kesempatan usaha untuk memperoleh pendapatan. Usaha ini mempunyai prospect yang lumayan bagus, karena di tengah-tengah panasnya cuaca kota besar dan bertambahnya pencemaran udara, beberapa orang ingin menempatkan tanaman hias baik di pekarangan atau di rumah.

Anda dapat membuat bermacam tipe tanaman hias dalam pot-pot kecil lalu memasarkannya ke tetangga atau memercayakannya di toko yang jual beberapa alat bercocok tanam. Atau memasarkannya lewat internet. Yang pasti, usaha ini dapat ditangani saat waktu luang seperti saat anak tidur, bersekolah, atau bermain.

3. Usaha Menjahit Pakaian atau Baju

Usaha Menjahit Pakaian atau Baju

Menjahit perlu ketrampilan khusus dan tidak seluruhnya orang dapat melakukan. Diperlukan kesabaran dan kecermatan yang tinggi dalam pengukur sampai jadi baju yang diharapkan. Prospect usaha ini sangatlah baik, apa lagi bila Anda memang mempunyai bakat dan minat pada sektor menjahit. Anda perlu mengikut pelatihan-kursus menjahit yang paling dipercaya untuk tingkatkan kekuatan menjahit Anda.

Langkah marketingnya cukup ke lingkungan beberapa orang seputar atau komune yang Anda kenali. Dari mereka-mereka lah usaha Anda mulai akan dikenali warga luas. Asal jahitan Anda populer rapi, bagus, dan sesuai dengan selera customer, dapat ditegaskan usaha menjahit Anda akan ramai didatangi konsumen setia.

Bahkan juga saat usaha Anda makin dikenali, bukan tidak mungkin, Anda dapat memperoleh pesanan dengan jumlah banyak untuk pakaian seragam sekolah, seragam kantor, seragam komune dan lain-lain.

4. Usaha Toko Kelontong atau Toko Kebutuhan Sehari-hari

Buka toko kelontong bisa juga jadi salah satunya alternative usaha untuk ibu rumah tangga yang punyai anak kecil. Jam membuka toko disamakan saja dengan aktivitas Anda sebagai ibu rumah tangga. Anda dapat isi toko kelontong dengan beberapa barang sembako seperti minyak, gula, beras, telur, dan sebagainya. Juga bisa mengisinya sama barang keperluan setiap hari seperti sabun, sampo, pasta gigi, LPG, alat mengolah, dan sebagainya.

Usaha toko kelontong dikenali gampang ditangani dan tidak perlu ketrampilan khusus. Kelebihan yang lain, tidak memerlukan modal yang begitu besar tetapi putaran keuntungan lumayan cepat. Ingat sembako ialah beberapa bahan dasar yang setiap harinya diperlukan orang.

5. Usaha Berjualan Kue Kering atau Makanan Ringan

Usaha Berjualan Kue Kering atau Makanan Ringan

Usaha makanan memang tidak ada matinya! Siapa sich yang tidak senang kue, roti, camilan? Sebagian besar orang senang, apa lagi wanita yang dikenali senang sekali camilan. Nach, jualan kue kering benar-benar pas untuk usaha ibu rumah tangga, lho. Bila Anda mempunyai ketertarikan dan kekuatan dalam membuat kue kering, tidak boleh menyia-nyiakan itu. Untuk jadikan tempat usaha yang memberikan keuntungan untuk Anda.

Seorang ibu rumah tangga yang sukses menjalankan bisnis kue kering, memberi rahasia supaya kue kering yang sama dengan usaha rumahan dapat disukai warga.

6. Usaha Sediakan Tempat Kost atau Kontrakan

Untuk Anda yang mempunyai rumah lumayan luas dengan posisi rumah yang dekat universitas atau perkantoran, Anda dapat buka usaha tempat kost. Kemungkinan agar semakin privacy, Anda dapat buka kost-kosan khusus pegawai atau khusus wanita. Hingga tidak begitu ramai dan mengusik kenyamanan keluarga.

Tambah beberapa sarana simpatisan yang diperlukan anak kost, lalu sebarkan iklan lewat edaran ke perkantoran dan universitas yang dekat rumah Anda. Usaha ini lumayan menjanjikan, karena Anda dapat ada selalu di dalam rumah sekalian mengurusi anak dan keluarga.

7. Usaha Kerajinan Tangan

Usaha ini termasuk cukuplah murah dan gampang, karena beberapa bahan kerajinan dapat diketemukan di seputar kita. Karena itu diperlukan kreasi untuk mengubah barang yang biasa saja jadi elok dan berguna. 

Untuk ibu rumah tangga, usaha kerajinan tangan menjadi alternative usaha yang prospektif. Ada beberapa barang kerajinan yang dapat Anda bikin, seperti capit rambut, gelang, kalung, tempat tisu, taplak meja, dan lain-lain. Untuk tingkatkan kekuatan, Anda dapat tergabung dengan beberapa tempat training khusus seperti yang umum diselenggarakan oleh bisnis-bisnis UKM di kota Anda.

8. Usahan Bimbingan Belajar atau Tuntunan Belajar 

Bila Anda mempunyai kekuatan akademik yang bagus dan suka mengajarkan, coba buka usaha tuntunan belajar. Target usaha Anda pertama kali ialah beberapa anak sekolah di sekitar lingkungan.

Cukup mempersiapkan beberapa meja, bangku dan papan catat, karena itu usaha Anda bisa diawali. Kemungkinan awalannya Anda harus mengajarkan seorang diri, tetapi bersamaan dengan mengembangnya usaha dan jumlah siswa yang semakin meningkat, Anda dapat cari guru tambahan.

9. Usaha Laundry atau Cuci Pakaian

Aktivitas bersihkan membersihkan pakaian tentunya telah dekat dengan beberapa ibu rumah tangga, karenanya usaha laundry kelihatannya menjadi kesempatan usaha yang memberikan keuntungan.

Usaha laundry tidak memerlukan ketrampilan khusus dan dapat dilaksanakan sekalian Anda mengasuh anak di dalam rumah. Untuk menjaringnkannya, Anda harus sediakan peralatan yang ideal seperti mesin pencuci, peralatan untuk menyetrika sampai air bersih.

10. Usaha Loket Pembayaran

Usaha untuk ibu rumah tangga yang punyai anak kecil selanjutnya ialah usaha loket pembayaran. Anda tentu kerap menjumpai ada loket pembayaran yang dibuka di beberapa rumah individu. Usaha ini makin tumbuh subur bersamaan dengan keperluan warga yang serba ringkas dan tidak ingin ribet. Ibaratnya jika ada satu lokasi yang dapat terima pembayaran apa, mereka langsung akan ke sana.

Karena itu, usaha ini pantas dicoba. Anda dapat buka loket yang tangani pembayaran PDAM, listrik, telepon, BPJS, angsuran kendaraan, dan sebagainya sekalian. Cukup ringkas, kan?

11. Usaha Berjualan Aksesori Wanita

Usaha Berjualan Aksesori Wanita

Seperti kita ketahui, wanita, make-up, dan aksesori memang susah dipisahkan. Aksesori diperlukan untuk mendukung performa wanita di mana saja dan kapan saja. Usaha jual aksesori sebagai opsi yang pas untuk ibu rumah tangga yang punyai anak kecil. Aksesori seperti gelang, cincin, kalung, bandana, arloji, jilbab, dan banyak yang lain ialah beberapa barang yang memikat perhatian wanita.

Apa lagi bila Anda pandai pilih beberapa barang aksesori yang unik dengan beberapa model terkini, usaha Anda tentu banyak didatangi konsumen setia. Taruh beberapa barang aksesori Anda pada rack kaca yang ditempatkan di rumah, lalu promokan ke tetangga seputar atau rekan-rekan dekat lebih dulu.

12. Usaha Layanan Penerjemah Bahasa Asing

Untuk Anda yang mempunyai kekuatan dalam kepenguasaan bahasa asing, Anda dapat manfaatkan kekuatan itu dengan buka layanan penerjemah bahasa asing.

Usaha ini dapat Anda lakukan di antara waktu senggang sebagai ibu rumah tangga. Prospeknya juga lumayan bagus karena makin bertambahnya usaha yang memerlukan penerjemah untuk mengartikan beberapa dokumen penting mereka.

Anda dapat coba cari lowongan di internet untuk penerjemah secara freelance. Tetapi seharusnya catat secara jelas jika Anda cuman mengartikan document. Karena kerjakan document dapat dilaksanakan dari rumah saja.

13. Usaha Layanan Penulis Online

Bekerja freelance sebagai penulis online ialah pekerjaan yang membahagiakan untuk ibu rumah tangga dengan hoby menulis. Pekerjaan ini tidak mengambil alih waktu, sebab bisa ditangani di saat luang sekalian mengurusi keluarga. Kecuali kekuatan menulis dan memproses kalimat, diperlukan juga keterdisiplinan, konsentrasi dan stabil supaya tulisan Anda berkembang makin baik.

Makin berkualitas dan makin berguna tulisan, makin banyak juga klien-klien yang ingin memakai layanan Anda. Ini menjadi kesempatan usaha yang memberikan keuntungan.

14. Usaha Jadi Admin Sosial Media

Saat ini jaman sosial media. Banyak beberapa perusahaan kecil yang lakukan branding dan marketing melalui sosial media seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Ini bisa saja kesempatan hasilkan uang untuk ibu rumah tangga yang punyai anak kecil. Kerjanya juga umumnya tidak susah-sulit sangat seperti mempublikasikan photo produk, membuat caption, menjawab tanggapan penganut, dan lain-lain.

Dengan begitu, pekerjaan itu dapat Anda kerjakan sambil mengurusi anak di dalam rumah. Cukup asyik, kan? 


Kata Kunci dalam Artikel : 

Rencana Strategi Bisnis, Business Plans Startup, Membuat Business Plan, Businessplans, Business Plan, Strategi Pemasaran Startup, Strategi Marketing Startup, Strategi Peningkatan Penjualan, Contoh Strategi Bisnis, Contoh Marketing Plan Produk Makanan, Strategi Usaha, Cara Membuat Strategi Bisnis, Strategi Meningkatkan Omset Penjualan, Strategi Jualan, Modal Kecil,Penghasilan Sampingan,Perusahaan,Plan,Strategi Bisnis,Sumber Penghasilan

Nutnut Nutnut, Content writer di Masnutnut.com