Cara Sukses Buka Usaha Laundry untuk Pemula

Cara Sukses Buka Usaha Laundry untuk Pemula

Cara Sukses Buka Usaha Laundry untuk Pemula
- Laundry adalah usaha yang dapat Anda mulai sendiri. Usaha satu ini termasuk cukuplah sustain karena keinginan yang selalu tinggi, ditambah lagi bila Anda stabil memberi servis terbaik.

Bukan tidak mungkin usaha laundry yang Anda bangun malah berkembang sampai ke luar kota. Tetapi, saat sebelum sampai ke step itu, sudah pasti ada banyak hal yang harus dipahami berkenaan sangkut-paut usaha laundry.

Karena itu, untuk menolong Anda raih keuntungan optimal, berikut cara sukses buka usaha laundry untuk pemula.

Apa Itu Usaha Laundry?

Apa Itu Usaha Laundry

Usaha laundry ialah sebuah usaha dalam sektor layanan. Wujud layanan yang dijajakan ialah mencucikan baju atau beberapa barang yang lain yang biasa dipakai oleh customer. Usaha laundry sendiri lahir dari imigran Tiongkok di Amerika Serikat pada era ke-19. Pada periode itu, imigran asal Tiongkok memang banyak yang datang ke Amerika Serikat untuk cari kehidupan yang lebih bagus.

Di awal berdirinya, usaha laundry di Amerika Serikat ini masih dengan manual, yakni dengan tangan. Seiring berjalannya waktu, tehnologi telah berkembang, usaha laundry juga telah memakai mesin pencuci sampai sekarang ini.

Sekarang, usaha laundry tidak cuma masalah baju saja. Peralatan rumah, sejauh itu dibuat dari kain, juga dapat diterima oleh usaha laundry. Itu terhitung sprei, sarung bantal, selimut, gorden, sajadah, taplak meja, tas, dan ada banyak kembali. Oleh karena itu, usaha laundry umumnya terbagi dalam bermacam jenis, yang akan diulas lebih detil pada point seterusnya.

Mengapa Usaha Laundry Diperlukan Warga?

Mengapa Usaha Laundry Diperlukan Warga

Pertama, karena warga sekarang mempunyai makin berkurang waktu untuk setiap harinya. Ini gampang diketemukan di beberapa kota besar, seperti Jakarta, di mana warga habiskan sejumlah besar waktunya di kantor dan di jalan.

Aktivitas membersihkan baju kemungkinan berkesan remeh, tetapi aktivitas ini memerlukan tenaga dan waktu yang cukup banyak. Dimulai dari mencuci, membersihkan, sampai menjemur memerlukan waktu minimal satu jam dengan mesin pencuci.

Sementara, beberapa masyarakat Jakarta, terutamanya mereka yang tinggal di kos atau kontrak, ada banyak yang membersihkan lewat cara manual.

Ke-2 , kepraktisan. Dengan memakai layanan laundry, warga mempunyai extra waktu untuk lakukan hal yang lain. Entahlah itu untuk istirahat, berkawan dengan beberapa temannya, maupun me time. Perihal ini pula yang membuat usaha laundry tetap disukai di beberapa kota padat warga.

Ke-3 , keperluan akan layanan pencucian yang lebih handal. Sama seperti yang telah dijumpai, tidak semua tipe baju dapat dicuci sendiri. Ada banyak baju yang memerlukan perhatian extra dan tindakan spesial sepanjang proses pencucian. Misalnya seperti baju-pakaian acara pesta, setel, atau kebaya dengan dandanan payet.

Tipe Usaha Laundry Paling Disukai

Tipe Usaha Laundry Paling Disukai

1. Laundry kiloan

Seperti namanya, tipe laundry ini mengutamakan pada berat baju yang dicuci oleh customer hingga biasanya baju yang dicucikan bersatu jadi satu.

Umumnya, customer pilih tipe laundry ini karena baju-baju yang dicuci tidak membutuhkan perhatian khusus, misalnya seperti baju yang dipakai setiap hari.

Disamping itu, customer yang pilih tipe laundry ini umumnya mereka yang cari pilihan tambah murah. Oleh karena itu, tipe laundry kiloan ini lebih pas ada di teritori kos atau kontrak mahasiswa dan pegawai.

2. Laundry konservatif

Tipe laundry ini sediakan service bersihkan yang lebih detil, dengan tindakan yang lain untuk tiap baju yang dicucikan oleh konsumen setia.

Ingat langkah pengatasan yang lebih detil, tidaklah aneh bila tipe laundry ini mempunyai harga yang semakin tinggi dibanding laundry kiloan. Disamping itu, tipe laundry ini layani dry clean. Maka modal yang dibutuhkan untuk bikin laundry ini sedikit semakin besar.

3. Laundry sepatu

Ini ialah trend baru yang berkembang bersamaan daya membeli warga yang lebih bagus. Argumen lahirnya laundry sepatu tidak lain karena beberapa pemilik sepatu premium memerlukan service bersihkan yang paling dipercaya.

Sekarang, tipe usaha laundry sepatu tidak cuma terima bersihkan saja, tapi juga repaint sepatu. Service ini bisa menolong beberapa konsumen setia yang ingin sepatu kecintaannya terlihat seperti baru kembali.

4. Laundry usaha

Tipe laundry ini tidak mengarah customer biasa, tetapi customer dari tubuh usaha. Umumnya, sebagai client laundry ini ialah perusahaan yang mencucikan seragam pegawainya.

Untuk buka tipe laundry ini sudah pasti perlu modal yang semakin besar karena jumlah baju yang dicuci akan banyak. Tiap perusahaan juga mempunyai keperluannya masing-masing, hingga Anda harus sediakan bermacam peralatan laundry tambahan untuk penuhi keperluan itu.

5. Laundry hotel

Laundry ini bekerja bersama dengan faksi hotel untuk mencucikan semua peralatan kamar dan baju tamu. Tipe landry ini memerlukan perhatian extra karena sensitivitas dari client. Ingat semua hotel usaha memberi servis terbaik, karena itu Anda juga akan dituntut untuk memberi service yang serupa.

6. Laundry kilat

Tipe laundry satu ini mempunyai flow kerja yang sedikit berlainan dengan laundry biasanya karena memprioritaskan faktor kecepatan. Maknanya, laundry kilat memerlukan peralatan bersihkan yang semakin banyak dibanding laundry konservatif. Jumlah karyawan yang ada juga agar lebih banyak untuk pastikan proses operasional berjalan serasi tanpa masalah.

Kekurangan dan Keunggulan pada Usaha Laundry

Kekurangan dan Keunggulan pada Usaha Laundry

Saat sebelum Anda membangun usaha laundry, sebaiknya untuk ketahui lebih dulu keunggulan dan kekurangan dari usaha ini. Untuk memberi kisah yang lebih realitas, kekurangan dari usaha laundry akan diterangkan lebih dulu.

Kekurangan:

1. Kompetisi yang tinggi

Usaha laundry termasuk cukuplah simpel hingga seluruh orang juga dapat mengawalinya demikian ada modal. Ini membuat kompetisi di dunia usaha laundry jadi lumayan tinggi. Kompetisi yang tinggi ini juga ikut memengaruhi kekuatan berkembang dari sebuah laundry.

Bila persaingan begitu tinggi, karena itu Anda akan diminta untuk perang harga dengan beberapa pesaing. Bila disaksikan dari segi customer, pasti ini ialah hal yang bagus.

Tetapi, dari segi pebisnis, ini dapat mematikan usaha. Peluang usaha Anda untuk berkembang jadi makin berat karena ini. Oleh karena itu, bila Anda ingin usaha laundry Anda masih disayangi oleh konsumen setia, persiapkan beberapa program kesetiaan yang membuat mereka nyaman.

2. Keterikatan pada cuaca

Bila Anda masih memercayakan sinar matahari sebagai media penjemur, karena itu cuaca bisa menjadi teman dekat sekalian lawan baru Anda.

Bila cuaca sedang buruk, karena itu harus Anda harus bersiap sedia jaga baju dari hujan yang mendadak turun. Baju yang dijemur tanpa cahaya matahari juga dapat memunculkan berbau apak, suatu hal yang paling tabu di dunia laundry.

Oleh karena itu, bila Anda ingin lepas dari keterikatan pada suara, tidak ada kelirunya untuk melakukan investasi pada mesin pengering. Dengan memakai mesin ini, baju-pakaian dapat dikeringkan tanpa perlu cahaya matahari. Prosesnya jadi lebih cepat, hingga Anda dapat tawarkan paket kilat pada customer laundry Anda.

3. Memerlukan ruangan yang cukup banyak

Aktivitas operasional laundry memerlukan ruangan yang lumayan besar untuk memuat semua mesin pencuci, mesin pengering, jemuran, papan setrika, dan lain-lain. Oleh karena itu, bila Anda mempunyai misi yang kuat untuk meningkatkan usaha laundry Anda, tidak ada kelirunya untuk mempersiapkan ruangan lebih semenjak awalnya.

Kelebihan:

1. Berkaitan dengan jaman

Kelebihan pertama ialah usaha laundry akan berkaitan dengan jaman. Sama seperti yang telah disampaikan awalnya, sepanjang kita masih memakai baju, karena itu usaha laundry tetap diperlukan.

2. Usaha ini dapat didalami dengan gampang

Kelebihan ke-2 dari usaha laundry ialah Anda tidak perlu kemampuan yang begitu tinggi untuk mengawalinya. Usaha ini dapat didalami oleh siapa saja, hingga keberhasilan dapat dicapai oleh siapa saja yang telaten dan cekatan. Bila Anda punya niat untuk masuk ke usaha ini, karena itu yakinkan Anda siap untuk menghadapi semua usaha keras yang menunggu.

3. Dapat diawali di dalam rumah sendiri

Kelebihan ke-3 ialah Anda dapat mengawalinya di dalam rumah sendiri. Berlainan dengan tipe usaha lain, laundry dapat dilaksanakan tanpa perlu sewa toko atau sejenisnya. Dengan begitu, modal untuk sewa bangunan dapat didesak dan diarahkan ke peralatan saja.

Modal Usaha Laundry, Pelaku bisnis Harus Tahu!

Modal Usaha Laundry, Pelaku bisnis Harus Tahu

Bila Anda ingin membangun usaha laundry terbatas, karena itu bersiap kumpulkan modal besar untuk beli peralatan-perlengkapan terbaru. Untuk memberi Anda kisah masalah seberapa banyak modal yang perlu dihimpun untuk mengawali usaha laundry, berikut perincian yang menjadi referensi Anda.

1. Mesin pencuci

Alat pertama kali yang harus ada ialah mesin pencuci. Mesin pencuci yang dapat Anda pakai ialah mesin pencuci hebat load atau mesin pencuci front load. Ke-2 nya mempunyai kekurangan dan keunggulannya masing-masing, hingga dapat diputuskan berdasar keperluan dan anggaran Anda.

Harga untuk mesin pencuci hebat load termasuk tambah murah, dimulai dari Rp1,5 juta sampai Rp4,5 juta. Tetapi, harga terjangkau ini harus dibayar dengan ketidakpraktisannya. Di lain sisi, mesin pencuci front load yang lebih ringkas datang pada harga dan feature yang semakin tinggi. Sekarang ini, Anda dapat mendapati mesin pencuci front load dimulai dari harga Rp3,5 juta sampai Rp12 juta.

2. Mesin pengering

Alat ke-2 ialah mesin pengering. Walau mesin pencuci telah diperlengkapi peranan keringkan, tetapi kehadiran mesin pengering dapat menolong usaha laundry Anda dapat memberi servis yang lebih bagus kembali.

Untuk sisi harga, mesin pengering ini termasuk lumayan mahal. Sekarang ini Anda dapat mendapati mesin pengering dalam bermacam variasi dengan kelebihannya semasing. Harga yang dibanderol juga dimulai dari Rp3,6 juta sampai Rp12 juta.

3. Setrika dan papan setrika

Setrika jadi peralatan harus yang jangan Anda terlewat. Untuk setrika sendiri, harga termasuk lumayan murah. Setrika konservatif sendiri ada dimulai dari harga Rp100 ribu sampai Rp300 ribu. Beda hal dengan setrika uap.

Untuk setrika uap, harga yang diperlukan tentu saja tambah mahal karena sanggup beri hasil setrika yang lebih rapi dan lembut. Anda dapat beli setrika uap pada harga dimulai dari Rp200 ribu sampai Rp1 juta, bergantung merk dan feature yang Anda harapkan.

Untuk papan setrika sendiri, harga juga tidak begitu tinggi, bergantung tipe yang Anda tentukan. Anda dapat pilih meja setrika yang dibuat berbahan kayu untuk mengirit ongkos. Karena, meja setrika dari kayu ini umumnya tidak lebih dari Rp100 ribu untuk ukuran 100x36x60cm.

Beda hal bila Anda putuskan beli meja setrika yang dibuat dari besi. Secara kualitas memang lebih paling dipercaya, tetapi harga dapat capai Rp300 ribu. Maka balik lagi, sepertikan dengan keperluan saja ya.

4. Sabun bersihkan dan pewangi laundry

Agar hasil bersihkan menjadi lebih bersih dan harum, sabun bersihkan dan pewangi laundry harus Anda persiapkan. Sebagai rujukan untuk Anda, sabun bersihkan laundry per liter umumnya dibanderol pada harga Rp20.000. Jika pewangi sendiri, untuk ukuran 5 ltr, dapat Anda punyai pada harga seputar Rp125.000.

Bila disaksikan unit, harga memang terlihat relatif murah. Tetapi, karena Anda perlu dengan jumlah yang banyak, harga kumulatifnya jadi lumayan tinggi. Untuk mengakalinya, seharusnya Anda beli sabun dan pewangi dalam partai besar di produsennya langsung.

5. Plastik paket laundry

Untuk jamin kebersihan hasil cucian saat sebelum sampai ke tangan konsumen setia, Anda perlu mengepak plastik-plastik itu dalam plastik. Beruntungnya, plastik paket untuk laundry ini lumayan murah, yakni dimulai dari harga Rp10.000 untuk ukuran 250 g. Sudah pasti, harga plastik akan makin tinggi untuk ukuran yang semakin besar.

6. Berbelanja karyawan

Inilah sebagai modal paling besar sesudah mesin pencuci dan mesin pengering. Bila Anda memilih untuk mengaryakan karyawan untuk laundry, karena itu Anda pun harus siap bayar mereka dengan gaji yang pantas, yakni sesuai gaji minimal regional. Oleh karena itu, beberapa dari pebisnis laundry yang jalankan semua aktivitasnya sendiri untuk mendesak biaya.

Riset Keuntungan Usaha Laundry

Riset Keuntungan Usaha Laundry

Sesudah ketahui jumlah modal yang perlu Anda persiapkan, karena itu Anda pun harus mempunyai prediksi masalah berapakah omset yang dapat didapat sepanjang berjalannya waktu. Untuk mempermudah penghitungan, dapat diibaratkan jika Anda mengawali usaha laundry kiloan pada harga Rp8.000.

Bila dalam sehari Anda terima cucian sampai capai 50 kg. Bermakna 50 dikali Rp8.000 memperoleh hasil Rp400.000. Maknanya, sepanjang 30 hari bekerja Anda akan hasilkan omset sebesar Rp12.000.000,-. Ingat, ini ialah penghasilan kotor ya.

Angka itu belum dikurangkan upah karyawan, ongkos listrik, air, transportasi, ongkos perawatan alat, dan promo yang dapat capai Rp6.000.000,-. Dengan begitu, keuntungan bersih yang Anda peroleh dapat capai Rp6.000.000,- /bulan. Menarik kan?

Panduan Membuat Franchise Usaha Laundry

Panduan Membuat Franchise Usaha Laundry

1. Persiapkan proses standard untuk semuanya cabang

Salah satunya kelemahan pada franchise ialah kesusahan dalam jaga kualitas stabil di tiap cabang. Karena itu, Anda perlu membuat proses standard yang akan diaplikasikan di tiap cabang. Proses standard ini dapat mengenai bagaimana layani konsumen setia, bagaimanakah cara menjalankan mesin, seberapa banyak ukuran dari sabun dan pewangi yang perlu dipakai.

2. Matangkan merek laundry Anda

Saat sebelum membuat usaha laundry Anda sebagai franchise, karena itu seharusnya matangkan citra merek dari laundry Anda lebih dulu. Dengan membuat integritas, karena itu Anda dapat membuat usaha franchise ini menjadi menarik untuk customer.

3. Mengatur pembagian tanggung jawab dengan partner

Franchise bermakna memberi keyakinan pada pihak ke-2 untuk memulai usaha dengan merek Anda. Untuk membuat jalur kerja yang lebih serasi, seharusnya tentukan mengatur pembagian tanggung jawab dengan partner.

Tuang pembagian tanggung jawab dan peran ini dalam kontrak untuk pastikan seluruh pihak jalankan pekerjaannya secara baik.

4. Persiapkan proses quality control

Proses standard saja masih belumlah cukup untuk pastikan semua cabang bekerja dengan seharusnya. Karena itu, Anda perlu membuat mekanisme quality control agar semua cabang dapat memberi perform terbaik. Anda dapat mengurusi karyawan yang khusus untuk tangani pengujian kualitas ini, atau dapat Anda sendiri.

5. Bikinlah mekanisme yang terpadu

Untuk membantu pantau perform franchise, Anda dapat memakai mekanisme yang terpadu. Diantaranya dengan memakai program kasir.

Dengan memakai program terpadu, Anda dapat menyaksikan bagaimana perform per cabang, tak perlu ke masing-masing toko satu demi satu. Beberapa data atau laporan pemasaran tiap hari juga ada lewat cara online hingga Anda tak perlu repot bertandang ke masing-masing cabang.

Mudah-mudahan sukses! 


Kata Kunci dalam Artikel : 

Rencana Strategi Bisnis, Business Plans Startup, Membuat Business Plan, Businessplans, Business Plan, Strategi Pemasaran Startup, Strategi Marketing Startup, Strategi Peningkatan Penjualan, Contoh Strategi Bisnis, Contoh Marketing Plan Produk Makanan, Strategi Usaha, Cara Membuat Strategi Bisnis, Strategi Meningkatkan Omset Penjualan, Strategi Jualan, Modal Kecil,Penghasilan Sampingan,Perusahaan,Plan,Strategi Bisnis,Sumber Penghasilan

Nutnut Nutnut, Content writer di Masnutnut.com