Cara Menjadi Youtuber Sukses untuk Pemula dan Tetap Gajian

Cara Menjadi Youtuber Sukses untuk Pemula dan Tetap Gajian

Langkah-langkah untuk Menjadi Seorang Youtuber


Cara menjadi Youtuber - Tidak ada kata telat untuk mengawali, karena kalian satu hari punyai waktu 24 jam untuk  bebas berkreativitas, khususnya dalam membuat content video. Tentu saja, dengan content video yang berkualitas dan menarik, secara setahap kalian akan sanggup berkompetisi di Youtube dengan beberapa senior yang telah lebih dulu beraktivitas itu.

Langkah jadi Youtuber pemula itu gampang-gampang susah. Sulitnya karena kalian belum terlatih di bagian ini, dan mudah nya bila kalian seringkali dan pahami sektor Youtube ini bisa menjadi terlatih. Apa lagi bila kelak, channel Youtube kalian telah hasilkan pundipundi uang, rasa semangat itu pasti ada (proses).

Langkah jadi Youtuber pemula modal ponsel itu tidak jadi masalah, seandainya kalian punyai niat serius untuk memperdalam sektor ini. Yang paling penting, kalian jujur dalam membuat content, memikat buat dibaca, dan mempunyai nilai plus sesudah melihat video itu. 

Kelak, sendirinya kalian akan mempunyai jumlah subscriber secara perlahan-lahan, tetapi tentu.

Langkah Jadi Youtuber Sukses: Youtube Modal Handphone Dapat Sukses Upah Beberapa ratus Juta!

Langkah Jadi Youtuber Sukses

Jadi Youtuber sukses itu ialah sisi perjalanan sebuah proses. Kalian tidak boleh menyamai diri atau memperbandingkan dengan beberapa Youtubers populer di Indonesia. Ingat-ingatlah, mereka itu Mengawali dari bawah, bahkan juga subscriber 20 juta saja mereka dimulai dari angka 1. Tetapi, beberapa pada mereka ada yang telah memiliki tingkat ketenaran di mata khalayak, nach jika kalian?

Jadi Youtuber sukses itu seperti kalian menanam sebuah tanaman, yang hasilnya tidak instant kalian peroleh (perlu proses). Sektor Youtuber itu banyak, ada yang sukses Youtuber dari endorse produk, ulasan panduan, life model, gaming, iklan Adsense, dan ada banyak kembali.

Dan menjadi sukses, kalian dapat sepertikan dengan kekuatan dan talenta yang dipunyai (hal ini akan punya pengaruh dalam pengerjaan content). Berikut ialah 18 panduan langkah jadi Youtuber sukses untuk pemula yang dapat kalian menjadikan cara untuk jadikan diri sukses di bagian Youtube. Meskipun kemungkinan ada dari kalian yang mengawali melalui HP maupun perlengkapan seadanya, tetapi itu tidak jadi masalah, yang menjadi permasalahan itu saat kalian stop.

Pantang Menyerah dan Tekad yang Kuat

Pantang Menyerah dan Tekad yang Kuat

Untuk mengawali jadi seorang Youtuber, poin utama pertama kali yang harus kalian punyai ialah niat yang kuat dan tidak mudah menyerah. Sehebat apa saja kalian dalam membuat content (jago editing), tetapi jika niat pada diri itu raib serta menurun, kalian akan sulit jadi seorang Youtuber sukses dan populer di masa datang.

Niat yang kuat akan bawa kalian pada aura-aura positif. Niat akan bawa mereka pada jalan yang dia akan incar. Sama seperti yang Ulasan Tech ucapkan pada awal, jika jadi Youtuber itu gampang-gampang susah. Jangankan untuk mendapatkan uang, proses registrasi, administrasi yang lain ialah tembok besar yang bakal mengadang jalan kalian untuk sukses.

Pertanyaannya, kalian telah niat dan mantapkan untuk tembus tembok besar itu? atau cuman ingin sekadar coba? Cukup banyak kok rekan kalian yang patah semangat jadi Youtuber. Tetapi, sekalipun mereka bisa tembus tembok penghadang itu, mereka dapat jadi jutawan di masa datang. Maka berikan niat itu dari awalnya.

Buat Account Google

Buat Account Google

Nach, niat untuk jadi Youtuber sukses kan telah ada nih di pikiran kalian semasing. Mari selekasnya awali dengan membuat account Google (Gmail atau Yahoo). Tentu saja tentu banyak yang punyai Ulasan Tech merekomendasikan untuk bikin dan memakai account Google secara professional (khususkan). 

Karena kedepan nya kelak, semua info akan masuk di account Google itu. tidak boleh kalian kombinasi dengan account Google setiap hari.

Langkah membuat account Google yang professional itu ialah sepertikan dengan channel yang kalian bangun. Misalkan kalian ingin buat channel mengenai ulasan handphone, karena itu dapat kalian buat account Google bernama "masnutnut@gmail.com". Ini ialah hal kecil, tetapi akan mempermudahkan kalian kedepan dalam branding.

Membuat Channel Youtube Kalian Sendiri

Membuat Channel Youtube Kalian Sendiri

Niat dan membuat account Google juga digerakkan, sekarang waktunya kalian membuat channel Youtuber baru. Akan lebih bagus kembali jika channel itu ialah sektor kegemaran kalian, tetapi segala hal dapat didalami.

Misalkan kalian senang di bagian ulasan handphone, kalian buat channel yang seperti dengan topik channel (nice/topik). Kira saja nama channel nya ialah "Hebat Ulasan Handphone Android". Atau kalian dapat gunakan nama individu bisa juga (bergantung hasrat masing-masing).

Ulasan Tech merekomendasikan, jika professional seperti usaha online itu lebih pas memakai nama usaha untuk branding (smartphhone), tetapi untuk kalian yang individu mengulas life model, dapat pakai nama kalian sendiri (supaya gampang di ingat oleh khalayak atau penggemar).

Tetapkan Gagasan, Topik dan Ide Content

Tetapkan Gagasan Topik dan Ide Content channel youtube

Jika untuk pemula, ini biasa jadi rintangan tertentu. Kalian harus sekurang-kurangnya mempunyai daftar sasaran yang bakal ditangani setiap minggu/hari. Misalnya ini hari kalian ingin membuat gagasan "Ulasan Panduan", dengan topik "Panduan Ubah Photo di Android". Dari sub topik itu, misalkan kalian dapat coba "Langkah Mengubah Photo Muka Jadi Tua di Android 2020". 

Untuk ide nya, sepertikan sama yang dapat kalian lakukan, misalkan dengan meng-install aplikasinya lebih dulu, selanjutnya ulasan langkah mengubah muka jadi tua, kemudian ubah bagian-bagian scene, dan unggah.

Penelitian Trends

Penelitian Trends pencarian google youtube

Sesungguhnya, Penelitian Trends ini jalannya berdampingan dengan cara tentukan gagasan, topik dan ide content. Ulasan Tech merekomendasikan supaya kalian lebih dulu langkah meriset Trends dengan memakai Google Trends. Penelitian trends benar-benar berperan untuk kalian yang ingin datangkan traffic pengunjung secara organik (alami) di Youtube. Disamping itu , penelitian trends bisa menolong kalian yang telah kehilangan gagasan ingin buat content seperti apakah.

Content video yang bakal kalian buat, belum pasti jadi apa yang dicari oleh beberapa pemakai Youtube. Supaya video kalian dapat di tontoton dan datangkan subscriber dengan cepat, kemungkinan ini salah satunya alternative yang dapat kalian coba.

Siapkan Perlengkapan Untuk Membuat Content

Perlengkapan Untuk Membuat Content Youtube

Membuat gagasan dan penelitian trends telah dilaksanakan, sekarang kalian coba lihat sesaat berkenaan perlengkapan yang kalian akan pakai untuk bikin video itu. jika kalian misalkan minim anggaran (keuangan), alternative untuk merekam content video dapat memakai HP atau handphone Android.

Jika Youtuber professional itu, masalah perlengkapan mereka tidak kekurangan kembali dan perlengkapan yang dipakai di atas standard, seperti computer dengan spesifikasi tinggi untuk render video, camera HD seperti Canon, sound yang khusus untuk Youtuber, dan sebagainya. Karena kalian pemula, mempunyai kekurangan perlengkapan tidak membuat cara kalian untuk jadi Youtuber sukses stop di sini. Bahkan juga kalian dapat menjadikan pelecut semangat, jika kelak kalian bisa hasilkan, disana kelak kalian upgrate perlengkapan nya. 

Untuk sekarang ini, sukurilah apa yang kalian punyai. Walaupun Hanya dengan modal handphone Android, seandainya kalian pahami bagaimanakah cara merekam video yang betul, kualitas standard, suara tidak kacau-balau atau hancur, karena itu kalian perlahan-lahan akan sanggup mengisap perhatian pengunjung Youtube.

Kan sia-sia jika punyai perlengkapan hebat, tetapi langkah ngedit video dan ngasi suara backsound saja masih amburadul. Dalam kualitas content itu, lihat pemakai experince (UX) nya. Misalnya, kalian tidak boleh pakai warna yang menonjol, backsound yang tidak sesuai dengan dengan topik,dan lain-lain.

Membuat Content yang Menarik dan Inovatif

Membuat Content youtube yang Menarik dan Inovatif

Memang betul, membuat content yang memikat dan inovatif itu perlu proses dan usaha keras. Menarik itu bagaimana sich? Menarik dalam pengertian sempit, seperti jalur video nya yang runtut, kualitas video nya tidak ngeblur, suaranya terang,dan lain-lain.

Trus jika yang inovatif itu seperti apakah? Inovatif itu dalam makna sempit, misalkan: kalian menambah dampak animasi di dalam video, video nya gabungan video riil dan animasi, dan lain-lain. atau kalian bisa juga pakai program ubah video online, untuk kalian yang kurang memahami editing. Content yang memikat dan inovatif benar-benar dicintai oleh beberapa pemakai Youtube, karena mereka ingin melihat video, yang mereka tidak seperti menonton beberapa video umumnya. Jika kalian ingin di lirik lebih jauh, dapat dicoba dech.

Dimulai dari hal kecil dahulu, seperti kalian dapat coba memakai program After Effect. Di program itu, banyak effect yang ada, seperti effect teks, infografis, backgroud, dan ada banyak kembali. Atau kalian unduh effect yang ada di internet, coba kalian explore, lalu kalian bandingkan dengan video yang tidak ada dampaknya. Catatan: tidak boleh meremehkan pemakai experince pemakai, jadi sepertikan dengan keperluan saja (tidak boleh terlalu berlebih).

Kerjakan Editing Video yang Alami

Kerjakan Editing Video youtube yang Alami

Menurut Ulasan Tech, saat kalian telah usai merekam video dan akan lakukan pengeditan video itu, karena itu editlah bagian-bagian saja. Misalkan ada ubah suara yang kurang terang agar lebih lagi jelas,dan lain-lain. Jika kalian lihat beberapa video Youtube yang opening nya saja sampai 10-15 detik, itu kurang memerhatikan pemakai experince (UX Videos). Belum juga yang suaranya kacau-balau, sebagai pemirsa video cukup berasa risi dengan hal tersebut. 

Memang, dalam video itu ada opening, isi dan penutup nya. Tetapi, bukan bermakna opening nya sampai di atas 10 detik, bahkan juga 10 detik itu telah termasuk lama. Kalian buat 5 detik saja dengan jelas dan singkat.

Untuk didalamnya silahkan disamakan dengan kekuatan kalian, editilah selayaknya saja. Karena ubah itu tidak untuk mengubah content, tapi untuk percantik dan menegaskan content. Hal khusus yang perlu kalian lihat dalam pengerjaan content video ialah kualitas video dan suara yang perlu selalu terlindungi. Kalian dapat mencari panduan nya berkenaan langkah standard convert video for Youtube.

Aplikasikan SEO Youtube

Aplikasikan SEO Youtube

Bukan hanya web saja yang perlu memakai SEO (Search Engine Optimations), tapi Youtube perlu. Tehnik SEO itu ialah tehnik yang dipakai supaya content video kalian ada di status paling atas penelusuran Youtube. Misalkan: kalian tulis "Langkah jadi Youtuber". Content yang mempunyai hasil penelusuran di teratas, ialah content yang keliru satunya sudah mengaplikasikan tehnik SEO ini.

Meskipun kalian mempunyai jumlah subscriber yang minim, tapi bila kualitas content dan SEO kalian kuat, karena itu bukan mustahil kalian bisa geser content video yang ada di atas kalian. Google punyai algoritme nya masing-masing, jika kalian ingin ketahui lebih jauh berkenaan algoritme Google, kalian dapat dalami apa beberapa jenis algoritme Google. 

Begitu juga dengan Youtube, juga pasti mempunyai algoritme nya semasing. Saat kalian mengunggah video di Youtube, jangan cuman sembarangan unggah video. Silahkan kalian penelitian judulnya dengan kata kunci (keyword) yang betul, hingga saat di search di Youtube content kalian tertarget. Banyak beberapa Youtuber pemula yang tidak dapat berkembang, karena video nya susah memperoleh ranking yang optimal.

Sharing Content di Media Sosial

Sharing Content youtube di Media Sosial

Jika kalian ingin jadi Youtuber yang sukses nanti, mulai dengan professional. Kalian dapat buat penggemarpage berkenaan channel kalian di sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Pinterest, dan lain-lain. Jika masalah faedah, sosial media ini bisa percepat traffic pengunjung Youtube. 

Disamping itu, capaian pasar kalian makin luas ke semua penjuru dunia. Saat kalian telah usai unggah video di Youtube, silahkan dapat sharing di penggemarpage media sosial yang telah kalian buat itu, coba kerjakan tentu branding nya makin hebat.

Jika kalian meng-share di penggemarpage sosial media kalian, itu lebih baik. Dibanding kalian membagi content video di gorup sosial media yang bukan punya kalian, itu buruk pada perubahan Youtube kalian.

Peroleh Uang dari Youtube (Adsense)

Peroleh Uang dari Youtube Adsense

Karena kalian masih Youtuber pemula, tentu saja belum juga berpendapatan. Tetapi, bila kelak kalian sesudah aktifkan monetisasi Youtube, tautkan Adsense Youtube, pasang iklan di Youtube, telah klarifikasi rekening Bank untuk pencairan Adsense, karena itu kalian akan diganjar dengan beberapa pundi rupiah atau dolar.

Iklan Adsense jadi salah satunya pendapatan paling besar kalian bila pemula, makin banyak  view yang menonton video dengan jumlah beberapa waktu atau jam tertentu, maka semakin besar juga pendapatan yang didapatkan.

Ada beberapa tipe iklan kecuali Adsense, tetapi Ulasan Tech mereferensikan untuk memakai iklan Adsense, karena lebih terkenal dan paling dipercaya. Untuk kalian pemula, bikinlah beberapa konten yang berguna, hingga kedepan nya tidak ada channel yang di banned. Kan kasihan, telah lama dan sulit membuat, tetapi di banned oleh Youtube. Sebagai tambahan, saat kalian memakai backsound untuk video, pakailah backsound free copyright. Dengan memakai yang free copyright, karena itu content video kalian ditanggung aman dari banned.

Mengupload Content Secara Konsiten

Mengupload Content youtube Secara Konsiten

Supaya subscriber kalian tidak pergi demikian saja, rutinlah untuk mengupload content video secara stabil. Meskipun kalian terbatas akan tenaga dan waktu, upayakan kalian stabil unggah video, misalkan satu minggu sekali (tetapi video nya berkualitas). Jika kalian tidak mempunyai beberapa waktu dalam kerjakan bermacam content, tidak jadi masalah bila tidak dapat tiap hari unggah content video, yang paling penting tiap minggu nya ada video yang dapat kalian bagi ke pemakai Youtube.

Argumen lain kecuali tidak punyai beberapa waktu, tentunya untuk Youtuber pemula pernah alami perasaan malas dalam membuat content video. Karena itu, buat saja video yang menurut kalian hoby dan dapat ditangani sesuai kekuatan. Optimalkan Jumlah Subscriber Saat kelak kalian mempunyai subscriber banyak, optimalkan itu, kira itu sebagai bonus kalian. Ada beberapa langkah untuk kalian dapat manfaatkan subsciber itu secara baik, salah satunya dengan membuat content yang berkualitas, menarik dan inovatif.

Coba pikirkan, content video nya telah menarik, bagus dan inovatif, ditambahkan lagi dengan adanya banyak punyai subscriber, itu benar-benar punya pengaruh pada pendapatan kalian, dengan adanya banyak yang menonton video yang kalian unggah. Belum juga saat kalian mengshare ke penggemarpage yang kalian buat, wow.

Menambahkan Subscriber dengan Giveaway

Menambahkan Subscriber dengan Giveaway

Pada tahun 2020 ini, langkah menambahkan subscriber dengan Giveaway jadi salah satunya alternative terbaik untuk datangkan subscriber baru dan traffic pengunjung di channel Youtube.  Tetapi, jika kalian ini baru pemula, jangankan memberi giveaway, terima gaji dari adsense saja belum. Jika kalian punyai keuangan lebih ya dapat dicoba langkah ini, tapi untuk kalian yang minim bajet, cukup hanya buat content video yang berkualitas. Itu telah sama dengan giveaway kok.

Saat kelak Youtuber pemula (kalian) telah berpendapatan dan mengantongi beberapa pundi rupiah dari Adsense, dapat dicoba langkah ini. Kemungkinan kalian buat giveaway dengan membagi-bagi pulsa, dan lain-lain (tapi yang iklas ya).

Endorse Produk

Endorse Produk Channel Youtube

Channel Youtube nya telah mempunyai nama (branding), pengemasan content video nya benar-benar menarik, berlainan dari lainnya. Karena itu, tidak boleh bingung bila waktu itu ada perusahaan yang jadikan kalian untuk meng-endorse produknya. Nilai dari endorse produk bahkan juga semakin besar biayanya, bila dibanding dengan iklan adsense.

Mimpi kalian menjadi orang yang populer tentu diwujudkan dengan endorse ini, khususnya bila content kalian itu dipakai di perusahaan itu. Disamping itu , dengan endorse produk itu, kesempatan kalian menjadi endorse lain akan makin terbuka lebar.

Bersahabat Dengan Youtuber Yang lain

Bersahabat Dengan Youtuber Yang lain

Menurut Ulasan Tech, ini bukan yang khusus, tapi bersahabat dengan content inisiator  yang lain ialah sisi dari jaringan dan di mana kalian dapat up-grade kemampuan atau kekuatan dalam membuat/share content video. Bersahabat dengan content inisiator yang lain, seperti ia yang membuat channel mengenai tehnologi, ada yang ulasan kosmetik, film, life model. Meskipun berlainan sektor, tetapi pada dasarnya ialah sama untuk perkembangan dan kelangsungan dalam membuat Youtube yang lebih bagus
kembali.

Gabung dengan Komunitas

Gabung dengan Komunitas Youtuber

Komunitas ialah tempat di mana kita dapat konsultasi, share apa saja yang terkait dengan sektor ini, entahlah itu yang se-topik atau global. Misalkan, kalian membuat channel youtube life model, coba kalian masuk dengan grup yang mengulas topik itu, atau juga bisa gabung dengan grup Youtube di beberapa sosial media yang ada.

Meskipun kalian ialah Youtuber pemula, tetapi silahkan turuti saja info grup nya. Tentu bakal ada saja sebagian orang yang meng-share info berguna yang awalnya belum pernah kalian jumpai. Disanalah plusnya kalian tergabung dengan Komunitas grup. 

Tidak boleh Pernah Takut Untuk Coba

Tidak boleh Pernah Takut Untuk Coba

Langkah yang paling akhir ialah jangan sampai takut untuk coba hal apa saja, khususnya Youtube. Kalian dapat gunakan semua feature yang berada di Youtube, entahlah itu tayangan langsung, dan lain-lain (silahkan di optimalkan).

Coba hal akan membuat kalian terus akan berkembang, dibanding punyai banyak subscriber tetapi hasilnya atau pengembangan nya gitu-gitu saja (setiap tahun tidak ada pengubahan). Silahkan dikembangkan kembali, entahlah itu penggemarpage nya, langkah ngedit video nya, dan lain-lain.

Penutup

Jadi Youtuber sukses adalah raihan yang kemungkinan banyak diharapkan oleh beberapa content inisiator. Khususnya, bila kalian ialah Youtuber pemula yang baru dan akan membuat channel nya, tentunya bisa banyak alami rintangan untuk rintangan, saat sebelum kalian betul-betul memperoleh terima gaji Youtube dari Adsense.

Tidak boleh terdiam dari mereka yang telah sukses dan terima gaji beberapa ratus juta dari Youtube, tetapi lihatlah prosesnya mereka membuat channel itu dari awalnya. Seorang Youtuber professional yang punyai subscriber 30 juta saja mengawali dari 1 subscriber, dan itu proses. Bahkan juga ada pada mereka yang telah mempunyai ke-populeran dalam masyarakat, dan itu modalnya buat mereka berkembang, sedang kalian?

Langkah terbaik untuk kalian dapat berkompetisi, diantaranya dengan tingkatkan kualitas content yang kalian buat. Bikinlah beberapa konten yang berguna, mendidik, dan tentu saja orang lain rasakan ketidaksamaan sesudah melihat video kalian itu. Perlahan-lahan tetapi tentu, dengan usaha keras, tidak mudah menyerah, Tuhan-pun akan memberikan restu kalian jadi seorang Youtuber sukses di masa datang. Ingat-ingatlah, kalian dapat membuat content itu karena kalian bugar atau sehat, dan kesehatan itu salah satunya pemberian Tuhan yang perlu di sukuri.

Tools SEO untuk Youtube


Saat kalian telah populer jadi Youtuber hebat di wilayah kalian semasing atau nasional dan internasional, ingat-ingatlah tidak boleh begitu cepat berpuas diri. Di atas kalian masihlah ada orang yang lebih luar biasa. Teruslah mengucapkan syukur, karenanya langkah terbaik untuk kalian dapat nikmati berkahNya. Demikian dan terima kasih.



Nutnut Nutnut, Content writer di Masnutnut.com