Bunga Sedap Malam untuk Masakan

Bunga Sedap Malam: Keindahan dan Manfaatnya yang Luar Biasa

Bunga Sedap Malam untuk Masakan
Bunga Sedap Malam untuk Masakan

Bunga Sedap Malam, siapa yang tak kenal dengan bunga berwarna putih yang begitu wangi ini? Bunga ini dapat dengan mudah ditemukan di seluruh Indonesia dan seringkali digunakan untuk dekorasi atau sebagai pewangi ruangan. Tapi tahukah kamu bahwa bunga Sedap Malam juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan masakan?

Polianthes tuberosa, nama ilmiah dari bunga Sedap Malam, sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita, terutama bagi para penggemar bunga. Selain susunan bunganya yang indah dan warnanya yang menarik, baunya pun harum kala menjelang malam. Bunga Sedap Malam seringkali digunakan sebagai bunga potong dan banyak dijumpai di toko-toko penjual bunga.

Bunga Sedap Malam termasuk dalam suku hanjuang-hanjuang (agavaceae) dan berasal dari daerah Meksiko, namun kini sudah tersebar ke seluruh dunia. Tanaman berumbi ini dapat tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi hingga ketinggian 1.425 m di atas permukaan laut, tetapi akan tumbuh subur pada tanah yang kaya akan humus dan terbuka. Di Indonesia, bunga Sedap Malam dapat ditemukan di daerah Cipanas, Sukabumi, Lembang, Malang, dan Ambarawa.

Ternyata hampir semua bagian dari tanaman bunga Sedap Malam dapat dimanfaatkan sebagai obat. Di Vietnam, misalnya, sisik umbi lapisnya digunakan sebagai obat kejang, dan umbinya digunakan untuk obat malaria. Di Filipina, rebusan umbi lapisnya digunakan sebagai obat kencing nanah. Selain itu, ada juga yang mengatakan bahwa bunga Sedap Malam digunakan sebagai obat demam dan keputihan, sedangkan daunnya untuk obat gigi atau meredakan rasa nyeri pada gusi.

Bunga Sedap Malam kering juga sering digunakan sebagai campuran masakan, seperti kimlo, yang memberikan rasa yang nikmat pada makanan. Bunga kering ini bisa dengan mudah dibeli di pasar swalayan atau tempat lainnya.

Bunga Sedap Malam bukan hanya indah dan harum, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dari obat tradisional hingga bahan masakan, bunga ini memang luar biasa. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu menanam bunga Sedap Malam di pekarangan rumahmu. Selain menjadi hiasan yang cantik, kamu juga bisa memanfaatkan semua bagian dari bunga ini untuk keperluanmu.



Bunga Sedap Malam untuk Masakan

Sup kimlo adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang memadukan masakan etnis Tionghoa dengan bahan-bahan lokal. Kamu pasti sudah pernah mencicipi hidangan yang satu ini, kan? Sup kimlo terkenal dengan citarasa yang gurih dan segar, serta campuran beragam sayuran dan daging yang membuatnya semakin nikmat.

Dalam penyajiannya, sup kimlo biasanya menggunakan bahan-bahan seperti jamur dan bunga sedap malam kering yang memberikan aroma khas. Bunga sedap malam yang biasa digunakan adalah bunga pisang yang diawetkan dengan garam dan dikeringkan. Tapi sebelum dicampurkan ke dalam masakan, bunga sedap malam ini harus direndam terlebih dahulu dalam air panas agar dapat memberikan rasa yang lebih nikmat.

Tidak hanya bunga sedap malam dan jamur, sayuran seperti daun bawang, seledri, kol, taoge, dan kacang polong juga menjadi bahan utama dalam sup kimlo. Sedangkan untuk dagingnya, biasanya menggunakan daging ayam, tapi bisa juga digunakan daging sapi atau udang, atau kombinasi dari semuanya.

Sup kimlo ini memang terkenal di beberapa daerah di Indonesia, seperti Palembang, Solo, dan Betawi. Namun, belum diketahui secara pasti asal-usul hidangan ini di Indonesia. Ada yang mengatakan bahwa kim can atau kim cam berasal dari bunga sedap malam yang dikeringkan, namun ada juga yang menyebutkan bahwa bunga sedap malam tersebut bisa digantikan dengan bunga pisang kering.

Selain untuk sup kimlo, bunga sedap malam juga bisa dijadikan tambahan untuk sajian lain seperti tekwan. Dengan tambahan bunga sedap malam, rasa hidangan menjadi semakin sedap dan berbeda dari biasanya.

Jangan lupa untuk mencicipi hidangan yang satu ini, ya


Cara Mengolah Bunga Sedap Malam Dalam Masakan

Cara Mengolah Bunga Sedap Malam
Cara Mengolah Bunga Sedap Malam

Bunga sedap malam sering digunakan sebagai pengharum ruangan yang menyegarkan. Tapi tahukah Anda bahwa bunga sedap malam juga bisa diolah menjadi bahan makanan yang lezat? Ya, benar! Bunga sedap malam bisa dijadikan bahan tambahan dalam masakan seperti sop kimlo dan tekwan. Simak cara mengolah bunga sedap malam dalam masakan berikut ini!

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merendam bunga sedap malam kering dalam air sampai mekar, kemudian cuci sebanyak 2-3 kali. Proses pencucian ini dilakukan untuk menghilangkan aroma asamnya yang tidak sedap.

Setelah dicuci bersih, Anda bisa membuang bagian putik bunga sedap malam yang mungkin terasa pahit sebelum mengolahnya sebagai masakan. Setelah itu, bunga sedap malam siap diolah sebagai bahan tambahan pada sop kimlo atau tekwan.


Tips Memasak dengan Bunga Sedap Malam

Agar masakan Anda semakin sedap dan wangi, Anda bisa mencoh9hb na tips berikut ini. Saat menumis bunga sedap malam, tutup wajan selama beberapa saat. Uap yang muncul akan membantu bunga sedap malam melepaskan aroma dan membuat masakan terasa lebih wangi dan lezat.

Namun, perlu diingat bahwa bunga sedap malam yang sudah layu tidak cocok untuk dimasak sebagai bahan tambahan dalam masakan. Jadi pastikan bunga sedap malam yang digunakan masih segar dan berkualitas.

Untuk mendapatkan bunga sedap malam kering untuk masakan, Anda bisa membelinya di pasar tradisional, supermarket tertentu, atau toko bahan makanan China.

Nah, itu dia cara mengolah bunga sedap malam dalam masakan yang lezat. Selamat mencoba dan nikmati sensasi rasa dan aroma yang unik dari bunga sedap malam dalam masakan Anda!



Product Name Price Category Seller Name Location
bunga sedap malam wangi. bunga fresh Rp.5.000 Bunga Tangkai Andini floris Jakarta Selatan
bunga sedap malam/sedap malem wangi Rp.4.800 Bunga Tangkai DJ florist.jln karang tengah raya no 11.cilandak.lebak bulus Jakarta Selatan
bunga sedap malam segar Rp.10.000 Bunga Tangkai Andini floris Jakarta Selatan
Bunga Sedap Malam SUPER (Bunga Segar Jakarta) Rp.9.000 Bunga Tangkai 3rd Florist Jakarta Barat
bunga sedap malam/sedap malam/sedap malam wangi Rp.15.000 Bunga Tangkai DJ florist.jln karang tengah raya no 11.cilandak.lebak bulus Jakarta Selatan
BUNGA SEDAP MALAM WANGI DAN SEGAR Rp.4.500 Bunga Tangkai DILLA FLOWERS Jakarta Barat
Bunga Sedap malam segar Rp.85.000 Bunga Tangkai Florist JKT Jakarta Barat
bunga sedap malam fresh Rp.70.000 Bunga Tangkai BUNGAKU.COM Jakarta Selatan
bunga sedap malam segar Rp.5.500 Bunga Tangkai Happy Musta Shop Jakarta Pusat
bunga sedap malam segar Rp.7.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
bunga sedap malam Rp.5.000 Bunga Tangkai DILLA FLOWERS Jakarta Barat
bunga sedap malam segar Rp.8.000 Bunga Tangkai Toko bunga wulansari Jakarta Timur
bunga sedap malam/sedap malem wangi Rp.4.800 Bunga Tangkai DJ florist.jln karang tengah raya no 11.cilandak.lebak bulus Jakarta Selatan
bunga sedap malam segar Rp.7.000 Bunga Tangkai Jaws Florist Jakarta Barat
bunga sedap malam segar per 10 tangkai Rp.7.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
buket bunga sedap malam asli wangi Rp.350.000 Buket Bunga florist juanda Jakarta Selatan
Bunga Sedap Malam (Bunga Segar JAKARTA) Rp.7.000 Bunga Tangkai 3rd Florist Jakarta Barat
BUNGA POTONG/SEDAP MALAM/ AMBARAWA/ Rp.45.000 Buket Bunga NAURAFLORIST Jakarta Selatan
BUNGA SEDAP MALAM (SATUAN) - BIASA Rp.5.990 Bunga Tangkai EZIFLORIST Kab. Bandung
Bunga Sedap Malam Segar per 10 tangkai Rp.95.000 Bunga Tangkai Rose by Agronas Jakarta Barat
bunga sedap malam 10 batang segar fresh Rp.89.000 Bunga Tangkai EQha Store Jakarta Barat
Bunga sedap malam Rp.6.000 Bunga Tangkai Nayra florist Kota Bekasi
bunga sedap malam segar asli per (1 tangkai) Rp.5.000 Bunga Tangkai Almira florist id Kota Bekasi
bunga /sedap /malam /segar kuncup Rp.5.000 Bunga Tangkai DJ florist.jln karang tengah raya no 11.cilandak.lebak bulus Jakarta Selatan
BUNGA SEDAP MALAM JUMBO ASLI FRESH Rp.7.500 Bunga Tangkai DILLA FLOWERS Jakarta Barat
Bunga Sedap Malam SUPER (Bunga Segar Jakarta) Rp.9.000 Bunga Tangkai 3rd Florist Jakarta Barat
Bunga Sedap Malam Asli Wangi Segar Pertangkai Rp.10.000 Bunga Tangkai Hafflorist Jakarta Pusat
bunga sedap malam wangi. bunga fresh Rp.5.000 Bunga Tangkai Andini floris Jakarta Selatan
bunga sedap malam wangi 10 tangkai Rp.69.999 Bunga Tangkai MARKAS_BUNGA Jakarta Barat
Bunga Sedap Malam Satuan (1pcs) untuk Hiasan Meja dan Hampers Lebaran Rp.7.000 Buket Bunga Kios Vana Florist Jakarta Selatan
bunga sedap malam Rp.10.000 Bunga Tangkai anjani anisa florist Jakarta Selatan
bunga sedap malam pertangkai Rp.10.000 Bunga Tangkai Ulfha Florist Jakarta Selatan
Vas Bunga Meja Lily Sedap Malam Hadiah Hampers Lebaran Kado Pernikahan Rp.1.650.000 Buket Bunga Kios Vana Florist Jakarta Selatan
karangan bunga sedap malam. bunga fresh. kado hari ibu ultah dll Rp.850.000 Buket Bunga Andini floris Jakarta Selatan
Bunga Sedap Malam (Bunga Segar JAKARTA) Rp.7.000 Bunga Tangkai 3rd Florist Jakarta Barat
bunga sedap malam Rp.10.500 Bunga Tangkai Toko bunga wulansari Jakarta Timur
Bunga sedap malam /sedap malam murah Rp.8.000 Bunga Tangkai Nayra florist Kota Bekasi
Bunga Sedap Malam Wangi (Bunga Potong Segar) Rp.7.500 Bunga Tangkai Palapa Florist Jakarta Barat
bunga sedap malam Rp.10.000 Bunga Tangkai anjani anisa florist Jakarta Selatan
Bunga Sedap Malam Segar Di Bintaro Florist Bintaro Rp.15.000 Bunga Tangkai aepfloristbintaro Kota Tangerang Selatan
Bunga Sedap Malam Segar Rp.10.000 Bunga Tangkai Amiinah_Hanania 2 Kab. Bekasi
kimcam bunga sedap 100g/bunga sedap malam/kembang pisang Rp.11.800 Bunga Tangkai tokocuan17 Kota Tangerang Selatan
bunga sedap malam wangi satuan Rp.7.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
bunga sedap malam segar Rp.10.000 Bunga Tangkai Andini floris Jakarta Selatan
Tanaman Hias Bibit Bunga Sedap Malam Rp.13.000 Benih Bibit Tanaman Sumber Berkah Pot Kota Tangerang Selatan
bunga sedap malam - Putih Rp.5.000 Benih Bibit Tanaman DJ florist.jln karang tengah raya no 11.cilandak.lebak bulus Jakarta Selatan
bunga sedap malam / bunga sedap malam tangkai satuan Rp.7.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
bunga sedap malam wangi Rp.10.000 Bunga Tangkai florist juanda Jakarta Selatan
Bunga Sedap Malam - 10pcs Rp.6.300 Bunga Tangkai Alam asli farm Jakarta Barat
bunga sedap malam segar tangkai tangerang gading serpong Rp.9.000 Bunga Tangkai Domonic Florist & Decoration Gading Serpong Tangerang Kab. Tangerang
TANAMAN BUNGA SEDAP MALAM PENGUSIR NYAMUK Rp.34.999 Benih Bibit Tanaman GARDEN YELLOW Jakarta Utara
Tanaman hias bunga sedap malam/pohon sedam malam Rp.15.500 Benih Bibit Tanaman Ade_flora Kab. Bogor
Bunga Sedap malam asli - kembang sedap malam hidup - dekorasi pesta - Premium Rp.5.500 Benih Bibit Tanaman ghofuraa shop Jakarta Barat
bunga sedap malam 5 batang segar dan wangi Rp.50.000 Bunga Tangkai love cimochi Jakarta Barat
Bunga sedap malam Rp.8.900 Bunga Tangkai Bunga Dekor taman Kota Tangerang Selatan
bunga sedap malam fresh segar asli Rp.7.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
Bunga Sedap Malam Segar murah di bogor/sedap malam Rp.15.000 Bunga Tangkai A2 florist Kab. Bogor
bunga sedap malam sayur kincam Rp.20.000 Bunga Tangkai limfood shop Jakarta Barat
Tanaman Hias Bunga Sedap Malam Rp.24.990 Benih Bibit Tanaman sanggar bunga alam sari Jakarta Utara
BUNGA SEDAP MALAM WARNA PINK ASLI FRESH Rp.9.000 Bunga Tangkai DILLA FLOWERS Jakarta Barat
bunga sedap malam segar Rp.13.000 Bunga Tangkai Berkahflorisht17 Jakarta Timur
Bibit bunga sedap malam (sudah jadi) khagreen Murah Rp.15.000 Benih Bibit Tanaman TaniWijaya Kota Tangerang Selatan
Bunga sedap malam kering 100gr Rp.23.500 Bunga Tangkai Tukangsayurmbakyu Kota Tangerang Selatan
tanaman hias ubi bunga sedap malam Rp.15.000 Benih Bibit Tanaman misyanshop Kota Depok
Bunga Sedap malam Kering kimcam Rp.13.500 Bunga Tangkai RZTSHOP86 Kota Bandung
bunga sedap malam segar bungapotongtangerang fresh flower in town Rp.9.000 Bunga Tangkai Bloom Flourish Supplier Kab. Tangerang
Tanaman bunga sedap malam besar free pot Rp.20.000 Benih Bibit Tanaman Lusiana Green Kota Depok
Kim Cam / Kimcam / Bunga Sedap Malam Kering 100 gram Rp.14.560 Daging Kering & Asin berkah terang Jakarta Pusat
bunga sedap malam pink asli fresh Rp.9.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
bunga sedap malam mini / bunga sedep malam Rp.4.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
kimcam bunga sedap malam cam Rp.12.990 Bunga Tangkai K2 Shop.id Jakarta Barat
rangkaian bunga maja. sedap malam segar. Rp.250.000 Bunga Tangkai anisaflorist Jakarta Selatan
bunga sedap malam wangi jumbo Rp.7.000 Bunga Tangkai Cantika Flower Jakarta Barat
bunga sedap malam segar asli fresh bunga tangkai wangi semerbak Rp.8.000 Bunga Tangkai Mikasa Jakarta Barat
Bunga Sedap Malam Satuan (1pcs) untuk Hiasan Meja dan Hampers Lebaran Rp.7.000 Buket Bunga Kios Vana Florist Jakarta Selatan
bunga sedap malam Rp.10.000 Bunga Tangkai anjani anisa florist Jakarta Selatan
bunga sedap malam pertangkai Rp.10.000 Bunga Tangkai Ulfha Florist Jakarta Selatan
Vas Bunga Meja Lily Sedap Malam Hadiah Hampers Lebaran Kado Pernikahan Rp.1.650.000 Buket Bunga Kios Vana Florist Jakarta Selatan
karangan bunga sedap malam. bunga fresh. kado hari ibu ultah dll Rp.850.000 Buket Bunga Andini floris Jakarta Selatan
Nutnut Nutnut, Content writer di Masnutnut.com