Manfaat dan Cara Berpikir Positif untuk Motivasi Diri

Cara Berpikir Positif untuk Motivasi Diri

Langkah berpikir positif dapat dilaksanakan dengan gampang. Dimulai dari mengucapkan syukur, melatih diri untuk menyaksikan segi baik satu hal, semakin banyak tersenyum, percaya diri, sampai memikirkan hari esok yang bagus.

Berpikir positif memanglah bukan hal yang gampang untuk dilaksanakan. Khususnya saat sedang terkena satu permasalahan, cukup banyak orang yang condong berpikir negatif. Hal itu mempunyai potensi membuat aktornya kuatir, cemas, dan tertekan.

Walau sebenarnya, berpikir positif bisa memberikan dampak yang bagus untuk kondisi psikis Anda. Sudut pandang ini bisa juga membuat Anda lebih nikmati hidup. Lalu, bagaimanakah cara berpikir positif?


Kerjakan langkah berpikir positif ini

Berpikir positif bisa dilaksanakan dengan mengaplikasikan beberapa tehnik yang sudah bisa dibuktikan efisien dalam menolong seorang mengganti persepsinya. Cara-cara berpikir positif yang dapat Anda aplikasikan, salah satunya:

1. Lakukan mengucapkan syukur

Beberapa orang sering memperbandingkan dianya sama orang yang lain hidupnya kelihatan lebih berbahagia. Ini dapat membuat iri, dengki, rendah diri, dan pemikirannya jadi kalut.

Oleh karenanya, lakukan untuk mengucapkan syukur supaya pemikiran masih positif dan hidup berasa lebih memiliki arti. Anda bisa mensyukuri apa saja yang sudah Anda punyai, baik keluarga, rekan, pekerjaan, atau beberapa hal yang lain membuat Anda berbahagia.

2. Saksikan segi bagusnya

Permasalahan apa saja dapat terjadi dalam kehidupan Anda kapan pun. Saat Anda ditempatkan pada satu masalah, pusatkan pemikiran Anda pada beberapa hal baik yang berada di balik masalah itu, walau cuman berbentuk hal kecil.

Misalkan, saat rekan Anda menggagalkan acara secara mendadak. Sebaiknya anda menyaksikan segi bagusnya, yakni Anda jadi mempunyai waktu senggang untuk santai atau istirahat. Jauhi rasa kecewa atau sedih karena akan membuat Anda disanggupi pemikiran negatif. Anda harus belajar meremehkan pemikiran negatif itu, ya!

3. Bicara hal positif dalam diri sendiri

Seorang menjadi kritikus yang jelek untuk dirinya. Seiring berjalannya waktu, hal itu bisa mengakibatkan Anda membuat pendapat negatif mengenai diri Anda sendiri yang bakal susah di hilangkan. Oleh karenanya, untuk hentikan hal itu, Anda harus bicara hal positif dalam diri Anda sendiri.

Riset memperlihatkan jika pengubahan kecil dalam langkah Anda bicara dalam diri sendiri bisa mempengaruhi kekuatan Anda untuk mengendalikan hati, pemikiran, dan sikap saat Anda ada di bawah penekanan. Jauhi mempersalahkan diri kita, seperti "Saya mengacau semua." Namun, ubahlah dengan kalimat "Saya akan coba melakukan perbaikan."

4. Semakin banyak tersenyum

Tersenyum bisa membuat Anda semakin tenang dan berpikir positif. Dalam sebuah riset, beberapa orang yang tersenyum saat lakukan pekerjaan yang penuh penekanan berasa lebih positif sesudahnya, dibanding yang tidak memperlihatkan gestur apa saja . Sehingga, walau sedang mendapatkan masalah, tabahkan diri Anda dan coba untuk tersenyum.

5. Ketawa

Riset memperlihatkan jika ketawa bisa kurangi depresi, kekhawatiran, dan stres. Ini dapat tingkatkan situasi hati dan membuat beban yang Anda punyai berasa menyusut. Perbanyaklah ketawa dengan melihat video lucu, film humor, atau membuat gurauan dengan beberapa anak.

6. Meningkatkan kepercayaan diri

Belajar berpikir positif seperti memperkuat otot. Karena, makin Anda kerap memakainya, karena itu makin kuat pemikiran itu. Untuk mempunyai pemikiran positif bisa dilaksanakan dengan meningkatkan kepercayaan diri.

Kepercayaan diri membuat Anda tidak takut tidak berhasil dan menyaksikan satu hal dengan positif. Tetapi, Anda pun jangan terlampau percaya diri terlalu berlebih karena justru akan membuat Anda jadi orang yang terlampau optimis.

7. Melakukan perbuatan baik

Melakukan perbuatan baik bisa buka pemikiran Anda mengenai seseorang.Kadang, Anda kemungkinan cuma menyaksikan orang dari performanya saja dan langsung mempunyai pertimbangan negatif mengenainya. Walau sebenarnya Anda tidak tahu apakah yang ada pada hatinya.

Oleh karenanya, melakukan perbuatan baik akan mengganti pemikiran Anda jadi lebih positif. Disamping itu, Anda dapat lebih menghargai dan menghormati seseorang. Tidak boleh sangsi untuk memperlihatkan sikap positif pada siapa saja.

8. Istirahat

Tiap orang pasti perlu istirahat untuk menentramkan dianya. Istirahat bisa beri kesegaran pemikiran Anda hingga bisa berpikiran secara jernih dan positif. Tidak itu saja, istirahat dapat singkirkan rasa kuatir dan cemas yang Anda alami.

9. Menghilangkan sinetron

Saat berasa tersuruk, Anda kemungkinan berasa hidup Anda ialah hal yang paling memilukan dalam dunia. Walau sebenarnya kemungkinan realitanya tidak seburuk itu.

Mendramatisasi kehidupan malah akan membuat hidup Anda makin sangat terasa memilukan dan pemikiran Anda jadi penuh kerusuhan. Untuk menangani hal itu, jauhi diri Anda dari pemikiran-pemikiran sinetron semacam itu. Jadi pemikir positif, malah akan membuat Anda selekasnya bangun.

10. Ada di seputar beberapa orang positif

Tahukah Anda bila negativitas dan positivitas dapat menyebar? Saat berkawan dengan toxic people, Anda dapat turut dipengaruhi dan mengikut kesukaannya. Begitupun kebalikannya, saat berkawan dengan beberapa orang positif, karena itu hal positif akan menyebar pada Anda.

Ada di seputar beberapa orang positif sudah bisa dibuktikan bisa tingkatkan harga diri dan kesempatan Anda untuk capai arah. Oleh karenanya, bergaulah dengan beberapa orang yang bisa bawa Anda pada segi yang bagus.

11. Memikirkan hari esok yang bagus

Riset memperlihatkan jika memikirkan hari esok yang bagus, entahlah berkenaan karier, jalinan, atau hal-hal lain, bisa membuat Anda lebih berbahagia di masa kini. Ini pasti dapat menolong Anda berpikir positif dan tidak mengkhawatirkan apa yang bakal terjadi di hari esok.

Tetapi, janganlah sampai terbuai untuk melamun saja karena Anda harus juga memperlihatkan perlakuan untuk merealisasikan hari esok yang bagus itu.

Melatih diri lakukan bermacam langkah berpikir positif itu dapat Anda terapkan di kehidupan setiap hari . Sehingga, mulai untuk berpikir positif supaya hidup jadi lebih cantik.

Beberapa permasalahan dalam kehidupan disebabkan karena pemikiran. Buat turunkan resiko permasalahan itu, Anda perlu belajar berpikir positif supaya bisa mempunyai penglihatan hidup yang lebih sehat dan bernilai.

Kenyataannya, pemikiran negatif bisa membuat Anda condong tergesa-gesa dalam memutuskan. Kebalikannya, bila Anda memprioritaskan pemikiran positif, permasalahan bisa ditemui dengan sikap terbuka dan secara fleksibel, hingga keputusan yang diambil lebih tepat.


Manfaat Berfikir Positif

Apa faedah berpikir positif sekedar hanya hanya itu? Sudah pasti tidak. Faedah berpikir positif untuk kesehatan fisik dan psikis sangat bermacam. Berikut beberapa faedah yang diartikan:

1. Tingkatkan Mekanisme Kebal Badan

Kenyataannya, pengaktifan di tempat otak yang berkaitan dengan emosi negatif bisa mengakibatkan tanggapan mekanisme ketahanan tubuh yang kurang kuat pada vaksin flu.

Kebalikannya, beberapa orang yang percaya diri dan condong berpikir positif mempunyai ketahanan badan semakin kuat.

Saat seorang berbahagia dan percaya diri, hormon oksitosin —yang dikatakan sebagai hormon cinta— akan tersebar dengan maksimal ke semua badan. Hal itu bisa tingkatkan peranan mekanisme ketahanan tubuh dalam mencegah kuman pemicu penyakit.

2. Memiara Kesehatan Jantung

Berpikir positif bisa membuat renyut jantung yang lebih teratur. Ini selanjutnya ikut mempertahankan kesehatan organ itu, hingga penyakit tidak gampang terjadi.

Faedah berpikir positif untuk kesehatan jantung terutamanya dirasa jika digabungkan dengan implementasi skema makan dan pola hidup sehat, olahraga teratur, dan cukup istirahat.

3. Resiko Stroke Lebih Rendah

Hasil riset terkini dari University of Michigan mendapati, beberapa orang yang terlatih berpikir positif dalam kehidupan mempunyai resiko stroke yang lebih rendah.

4. Turunkan Resiko Gempuran Jantung

Ini masih terkait dengan faedah berpikir positif awalnya.

Dijumpai jika berpikir positif yang digabungkan dengan implementasi pola hidup dan skema makan sehat bisa menahan terciptanya plak di pembuluh darah (aterosklerosis). Plak itu sebagai cikal akan penyakit jantung dan penyakit serangan jantung.

5. Keinginan Hidup yang Lebih Panjang

Seorang yang condong berpikir positif mempunyai angka keinginan hidup 10 tahun semakin lama diperbandingkan mereka yang berpikir negatif.

Faedah itu dapat dirasa karena berpikir positif sebagai salah satunya modal yang diperlukan untuk jaga konsistensi kesehatan fisik dan psikis.

6. Tingkatkan Toleransi Ngilu

Berpikir positif bisa membuat badan Anda berasa lebih rileks. Hal tersebut diperhitungkan ikut memengaruhi tingkat konsentrasi pada merasa sakit.

Dalam kata lain, beberapa orang yang condong berpikir positif mempunyai tingkat toleransi ngilu yang semakin tinggi.

7. Membuat Personalitas yang Kuat

Saat bertemu dengan rintangan, orang dengan pemikiran positif umumnya lebih konsentrasi untuk membenahi permasalahan. Mereka juga tidak berserah sampai permasalahan yang ditemui seutuhnya habis.

8. Menangani Depresi

Berpikir positif bisa kurangi produksi hormon kortisol pada tubuh. Makin rendah kandungan hormon itu, makin kecil juga terjadinya kemungkinan depresi, stres, dan permasalahan kesehatan psikis yang lain.

9. Turunkan Resiko Kekhawatiran

Pemikiran negatif adalah factor yang bisa mencetuskan kekhawatiran terlalu berlebih. Kebalikannya, pemikiran positif yang diatur secara baik bisa menolong Anda terbebas sekalian terlepas dari keadaan itu.

10. Lebih Arif dalam Ambil Keputusan

Pemikiran yang positif bisa menolong Anda ambil langkah yang bernilai dalam pecahkan satu permasalahan.

Anda juga tidak gampang terlarut dalam penekanan karena terlampau pikirkan beberapa hal yang tidak penting berkenaan permasalahan yang ditemui.

Faedah positive thinking alias berpikir positif untuk kesehatan fisik dan psikis rupanya benar-benar bervariatif. Oleh karenanya, mulai untuk meningkatkan sudut pandang itu sekalian digabungkan dengan implementasi pola hidup sehat. Dengan begitu, kesehatan dan kualitas hidup Anda akan selalu terbangun.


MOTIVATIONAL VIDEO - Think Positive - Best And Powerful #Motivation


Video Lainnya ada di Channel Youtube.

Nutnut Nutnut, Content writer di Masnutnut.com