Merintis Bisnis Laundry Sepatu sebagai Peluang Usaha yang Menjanjikan

Merintis Bisnis Laundry Sepatu

Merintis Bisnis Laundry Sepatu

Usaha laundry sepatu, kesempatan usaha yang patu dilirik. Karenanya usaha ini tengah mode dan masih jarang-jarang kompetitor.

Banyak argumen kenapa orang malas untuk mengawali menjalankan bisnis. Salah satunya yang tersering kita dengar tentunya ialah masalah modal yang tidak memenuhi. Tetapi disamping itu, ada sesuatu hal yang lain jadi penyebab orang tidak mau menjalankan bisnis, yakni belum mendapati gagasan usaha yang pas buat mereka lalui. Kabanyakan orang pilih usaha cuman dari mengikut apa yang seseorang lakukan.

Dengan cuman menyaksikan keberhasilan yang seseorang rasakan, pada akhirnya menggerakkan pebisnis baru itu mengikut tapak jejak mereka. Tetapi sayang karena tidak ada taktik dan banyak kompetitor membuat usaha yang baru digerakkan itu justru gulung alas. Pasti ini tidak ingin terjadi pada Anda kan?

Nach oleh karena itu, kecuali jangan asal comot gagasan usaha, Anda pun perlu memperdalam gagasan usaha supaya lebih mempunyai kesempatan kesuksesan yang besar. Nach, saat ini pertanyaannya bagaimana memperoleh gagasan usaha yang berkesempatan besar? Anda dapat tetapkan berdasar trend atau apa yang diperlukan oleh customer.

Sekarang ini trend koleksi sepatu sneakers dan running mulai tumbuh di tengah-tengah kelompok anak muda. Bila dahulu merk sepatu seperti, Convers, Vans, Nike dan Adidas tidak banyak digunakan, sekarang sebagian besar anak muda di mall atau tempat kongkow memakai sepatu dengan merek-merek itu. Trend ini dapat Anda menjadikan kesempatan usaha, tetapi bukan jual sepatunya, tetapi buka usaha laundry sepatu.

Bagaimana kesempatan usaha laundry Sepatu?

Bagaimana kesempatan usaha laundry Sepatu

Dulu sol sepatu ialah usaha layanan perawatan sepatu salah satu yang kita mengenal. Sekarang karena ada trend itu, layanan reparasi dan laundry sepatu banyak mulai dicari orang. Mengetahui harga belinya yang mahal, sebagian besar kolektor sepatu inginkan perawatan khusus untuk jaga keadaan sepatu kepunyaannya. Bukan hanya itu, salah satunya pebisnis Show dan Care, Tirta Mandira Hudhi menjelaskan banyak pula konsumen setia yang memakai layanan ini untuk menyambung kembali sisi midsole atau outsole sepatu yang terlepas.

Usaha laundry sepatu ini terhitung usaha yang long termin, maknanya tidak pernah mati sepanjang keperluan orang pada sepatu makin bertambah. Tetapi biasnaya di saat menjelang hari raya besar seperti lebaran bisanya konsumen setia akan semakin banyak. Ini dikarenakan oleh budaya orang Indonesia yang kental yakni beli pakaian dan sepatu baru di saat lebaran. Untuk beberapa orang yang tidak sempat pernah beli atau mungkin tidak sanggup beli sepatu baru tentu banyak yang putuskan cari layanan ini untuk mengubah sepatu lama waktunya seperti terlihat baru.

Panduan Mengawali Usaha Laundry Sepatu

Merintis Bisnis Laundry Sepatu sebagai Peluang Usaha yang Menjanjikan

Mengawali usaha ini bukan hanya modal yang diperlukan, tetapi juga ketrampilan dan pengetahuan berkenaan perlengkapan-peralatan shoe dan care. Namanya menjaga warna sepatu Anda tidak dapat memakai sikat dan sabun jawil untuk mencucinya. Sabun dan sikat yang dipakai tentu khusus dan disamakan dengan berbahan. Misalkan untuk bahan kulit suede, ada deterjen khsusus untuk bahan itu dan bisanya memiliki kandungan cuka untuk hilangkan bintik.

Kecuali cairan/deterjen dan sikat, mesin pengering juga dibutuhkan. Karena tidak seluruhnya sepatu pas dikeringkan di bawah cahaya matahari langsung. Bahkan juga langkah ini justru membuat warna makin sirna karena itu dibutuhkan alat pembantu ini.

Supaya Anda dapat memperoleh info komplet berkenaan langkah perawatan ini, karena itu saat sebelum mengawali usaha seharusnya ikuti training shoe cleaning lebih dulu. Training ketrampilan ini bukan hanya mengajar Anda langkah perawatan yang pas pada sepatu tetapi juga memberi Anda info tentang apa-apa saja perlengkapan yang dibutuhkan untuk memberi servis optimal ke konsumen setia Anda nanti.

Keuntungan Usaha Laundry Sepatu

Di Indonesia banyak nama pebisnis sukses yang menekuni usaha laundry sepatu ini. Sebutlah saja Tirta Mandira Hudhi, pemilik sekalian pengurus usaha Shoes and Care (SAC) yang domisili di Yogyakarta. Lewat usaha yang digerakkannya ini dia tawarkan beberapa paket perawatan sepatu ke konsumen setia, yakni Cleaning, special treatment, unyellowing package, depp cleaning untuk sepatu wanita, reglue dan Repair, Repaint, Leather Care dan beberapa perawatan untuk snapback (topi). Paketnya ini dibanderol pada harga dimulai dari Rp 30 ribu sampai Rp 150 ribu.

Dapat dipikirkan bukan keuntungan yang didapat jika dalam satu hari dapat terima lebih dari 20 pasang sepatu? Peluang dalam satu hari keuntungan yang dapat dikantongi oleh beberapa pelaku bisnis ini dimulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 3 juta. Menyaksikan prediksi keuntungan yang cukup besar itu, karena itu banyak aktor usaha yang membulatkan tekad untuk memberi penawarkan kerja sama atau usaha kerja sama untuk calon aktor usaha yang ingin masuk ke usaha ini. Investasinya juga bermacam, ada yang tawarkan kerja sama premium dan ada pula yang exclusive. Jika Anda punya niat mengawali usaha ini dengan jadi partner usaha, berikut waralaba usaha laundry sepatu yang kami referensikan.

Waralaba Usaha Laundry Sepatu

The Clean Bar

Usaha layanan laundry sepatu ini pertama kalinya didiriakan di Kota batik, Solo. Usaha yang mengarah sekmen anak muda ini bukan hanya tawarkan layanan perawatan sepatu saja, melaikan terima laundry untuk baju dan tas. Sepintas mengenai usaha ini, dahulunya pemilik The Clean Bar, Dryan Khaula Cahyadi Usman, cuman terima pesanan membersihkan sepatu saja tetapi seiring waktu berjalan customernya berkembang dan semakin makin tambah meluas semua fragmen jadi dia juga punya niat untuk pengembangan dengan menambah service, dan buka kerja sama.

Sampai sekarang ini The Clean Bar telah mempunyai 10 partner di sejumlah kota seperti Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, Solo dan Sidoarjo. Di lansir dari majalahfranchise.com, paket waralaba ini dibanderol dimulai dari RP 75 juta sampai Rp 80 juta. Sarana yang didapat oleh franchisee bukan hanya beberapa alat perawatan sepatu, tas dan baju saja tetapi juga memperoleh booth, Tv LCD, dan pengiringan sampai saat yang tak terbatas,

Berkenaan omset yang didapat The Clean Bar mengakui partner yang buka usaha warlaba ini di mall dapat mengantongi sampai beberapa puluh juta rupiah dengan berarti. Dengan perkiraan pembuatan sepatu sepanjang setiap hari capai 20-30 pasang sepatu. Untuk harga servicenya The Clean Bar sesuaikan dengan posisi gerainya. Di daerah Solo paket service dibanderol harga Rp 20-25 ribu, sementara di Bekasi dikasih harga Rp 35 ribu-65 ribu.

Shoes and Care

Shoes and Care di Yogyakarta tawarkan waralaba usaha laundry sepatu dengan range harga paket investasi sejumlah Rp 30 juta. Prediksi omset yang dapat dihimpun oleh pebisnis sepanjang satu bulan lebih kurang sejumlah Rp 30-75 juta dengan perkiraan balik modal dalam 4 bulan.

Sementara untuk mekanisme keuntungan yang diaplikasikan oleh Tirta Mandirahudi pada usaha waralabanya memakai mekanisme untuk hasil dan tanpa royalti fee. Di mana partner memperoleh jatah 80% dari keuntungan bersih sepanjang /bulan dan 20% untuk pusat. disamping itu, partner diharuskan untuk beli bahan baku pencuci sepatu dari pusat.

Dengan pengalaman nyaris 15 tahun dibangun, Tirta percaya usahanya ini memberi keuntungan yang lebih buat partner. Sang pemilik sendiri menjelaskan customernya telah mengarah ke semua fragmen, baik muda, dewasa, bahkan juga beberapa anak.

Bahkan juga Tirta akui, satu gerainya di Jakarta dapat membersihkan lebih dari 30 pasang sepatu. Sedang di Yogyakarta dapat capai 60 pasang sepatu dalam satu hari dengan biaya service bersihkan sepatu mulai Rp 25 ribu - Rp 150 ribu. Hingga membuat omset yang didapat oleh pebisnis terang.

Shoebible

Usaha layanan laundry sepatu ini telah digerakkan oleh semenjak tahun 2014 lalu berada di Pasar Santa, Jakarta Selatan. Menyaksikan semangat dari warga yang tidak membendung, pada akhirnya sang pemilik, Yenda tawarkan usaha kerja sama. Ada dua paket yang ditawari untuk calon partner, yakni Paket Exclusive pada harga yang dibanderol sejumlah Rp 45 juta sampai Rp 60 juta. Sementara untuk paket reguler sejumlah Rp 15 juta sampai Rp 20 juta.

Dari ke-2 paket ini, partner memperoleh sarana berbentuk mesin pencuci, mesin pengering, bahan baku washer, Shoebag, dan pealatan cleaning kit seperti sikat dan microfiber. Tidak komplet bila tidak ada training yang diberi oleh franchisor, karena itu partner diberi training dari Shoebible langsung dan alat promo dan kartu nama. Untuk paket reguler, Shoebible memberi mekanisme kerja sama seperti agen, di mana partner tak perlu buka gerai dan cuman jadi titipan layanan bersihkan sepatu dari pusat. sarana yang didapatkan oleh partner ialah turun off desk.

Sedang, untuk periode waktu kontrak Shoebible tidak memutuskan berapakah lama. Partner pun tidak diambil royalty fee, dan cuman ada mekanisme untuk hasil dengan jatah 70% untuk partner dan 30% untuk pusat.

SOC Clean

Usaha kerja sama yang berkantor pusat di kota Solo ini memberi mekanisme kerja sama tanpa fee royalti /bulannya. Pada situsnya SOC Clean memberi sarana yang komplet dan SOP yang paling gampang diterapkan oleh partner. Menjadi partner dari SOc Clean, ada persyaratan yang penting disanggupi yakni mempunyai gerai yang vital dengan minimum luas 2×2 m kubik, penuhi persyaratan seperti hukum dan seni, dan di antara partner harus memiliki jarak minimum 3-10 km (1 kota/wilayah maksimal 3 partner).

Untuk paket kerja sama, SOC Clean sediakan 1 paket dengan keseluruhan investasi sejumlah Rp 35 juta. Dengan besar investasi ini partner akan memperoleh bahan dan alat perawatan sepatu berbentuk Cleaner, pencuci bahan kulit, Ziplock + Sablon, microfiber, sikat khusus sepatu, semir, hairdryer, botol deodorant shoe 250 mL dan ada banyak yang lain.

Mysolecase

Tingginya keinginan warga akan usaha ini diamankan oleh pemuda asal Malang namanya Ogi Disye. Dengan mengangkat nama Mysolecase usaha waralaba layanan ini tawarkan service cleaning, repair dan recolour sepatu dengan range harga dimulai dari Rp 25 ribu sampai Rp 100 ribu.

Kecuali buka gerai sendiri, Ogi juga buka usaha kerja sama dengan tawarkan 2 paket investasi, yaitu paket Rp 10 juta dan paket 15 juta. Jika dibanding dengan yang lain, Mysolecase terhitung waralaba yang dapat disebut dapat dijangkau. Ke-2 paket ini telah terhitung bermacam sarana simpatisan yang lain, seperti media promo, branding kit, seragam pegawai dan bermacam perlengkapan perawatan sepatu.

Mekanisme kerja sama ini berlaku untuk periode kerja sema setahun. Apabila kontrak habis, karena itu partner memiliki hak memilih untuk stop atau memperpanjangnya dengan bayar ongkos franchise fee sejumlah 70% dari investasi awalnya. Disamping itu, Ogi memberi persyaratan lain untuk partner, harus beli sabun bersihkan sepatu merk Mysolecase dengan minimum order 10 botol atau sejumlah Rp 1 juta.

Berkenaan omset, perkiraan yang dapat didapat oleh pebisnis yang buka gerai di beberapa kota besar dapat kantongi sejumlah Rp 2 juta setiap hari dengan anggapan dalam satu hari dapat layani order sampai 40 pasang sepatu.


Kata Kunci dalam Artikel : 

Rencana Strategi Bisnis, Business Plans Startup, Membuat Business Plan, Businessplans, Business Plan, Strategi Pemasaran Startup, Strategi Marketing Startup, Strategi Peningkatan Penjualan, Contoh Strategi Bisnis, Contoh Marketing Plan Produk Makanan, Strategi Usaha, Cara Membuat Strategi Bisnis, Strategi Meningkatkan Omset Penjualan, Strategi Jualan, Modal Kecil,Penghasilan Sampingan,Perusahaan,Plan,Strategi Bisnis,Sumber Penghasilan

Nutnut Nutnut, Content writer di Masnutnut.com